Mengenal 9 Kecerdasan Anak Yang Kita Harus Ketahui

| 11/12/2016 08:01:00 PM |


9 Kecerdasan Anak
Apakah  kecerdasan anak saya ?

Apa bakat anak saya?

Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan untuk menilai anak. Cerdas dan bakat tentu saja dua hal yang berbeda namun saling berkaitan.

Cerdas berbeda dengan bakat.
Meskipun berbeda namun keduanya saling berkaitan. Sebab cerdas yang tanpa bakat, tidak akan seoptimal seperti yang mempunyai bakat, begitu juga dengan yang punya bakat, jika lingkungan tidak mendukungnya maka bakat yang dipunyainya bisa jadi terpendam.

Kecerdasan tidak hanya menyangkut satu hal yaitu IQ (Intelligence Quotion) tetapi juga menyangkut kemampuan umum, kreativitas, motivasi diri, lingkungan, kemampuan mental khusus, dan juga keberuntungan yang menentukan sukses tidaknya.

Cermati Dan Lakukan Pendekatan Dengan Tepat 

Bagaimana mengenal kecerdasan anak?

Mengenal bakat pribadi anak akan membantunya mengidentifikasikan kelebihan-kelebihan dan kecenderungan alami yang dimiliki oleh setiap anak.

Setiap anak dilahirkan dengan potensi bakatnya dan muncul dengan cara yang berbeda-beda. Untuk itu kembangkan bakat yang dimiliki.

Bagaimana cara mengembangkannya?

Hal ini bergantung pula pada gaya belajar dalam mencapai impiannya.
Perhatikan kemampuan anak.
Hal apa saja yang disukai anak?
Dan pujian apa yang sering didapat oleh anak dari lingkungannya?

Cermati dan lakukan pendekatan yang sesuai dengan bentuk kecerdasan yang dimilikinya, kembangkan dan bangun kemandirian anak untuk mewujudkan impian agar menjadi kenyataan.

Sukses dalam hidup tidak harus dengan menguasai segala bentuk kecerdasan yang ada tetapi bagaimana dengan kecerdasan yang dimilikinya bisa berkembang optimal dan berguna.

Cerdas saja tidak cukup tetapi juga cerdik kreatif untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya sehingga mampu menghadapi tantangan kehidupan di masa yang akan datang.

9 Jenis Kecerdasan Anak

Pencetus multiple intelligence, Howard Gartner mengidentifikasikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan suatu produk yang bermakna dan mempunyai kultur yang lebih luas.

Banyaknya kegiatan mungkin akan membantu anak meningkatkan kemampuannya tetapi menjejali anak dengan kegiatan yang kurang diminatinya tentu bukan tindakan yang tepat.

Pengenalan sejak dini kecerdasan yang dimiliki oleh anak akan membantu orang tua dalam menentukan langkah selanjutnya untuk mendukung kecerdasannya agar lebih fokus dan optimal.

Adapun macam dari kecerdasan itu antara lain :

  1. Kecerdasan Logika
  2. Kecerdasan logika sama halnya dengan IQ (Intelligence Quotient). Kemampuan yang dimiliki ialah kemampuan dalam berhitung.
    Bagaimana mengenalinya?
    Bila anak suka dengan permainan strategi, mudah menghitung dengan cepat problem aritmatika dan suka dengan matematika dan IPA, anak suka melakukan eksperimen untuk menguji sesuatu yang tidak dimengerti untuk mencari tahu jawabannya. 
  3. Kecerdasan Bahasa
  4. Bagaimana mengenalinya?
    Bila anak anda tergolong mempunyai kosakata yang luas untuk ukuran anak seusianya, suka bercerita, pandai mengeja kata-kata dan suka membaca buku, berprestasi dalam pelajaran bahasa, mudah menghafal dan mengingat nama-nama tempat dan hal-hal kecil dan lain-lain. 
  5. Kecerdasan Gambar Dan Ruang
  6. Cara mengetahuinya antara lain
    suka menggambar di kertas an hampir menyerupai aslinya, gampang memahami bacaan yang ada gambarnya daripada yang tidak ada, suka dengan kegiatan visual atau yang berkenaan dengan gambar, berprestasi dalam kellas seni, menggambar dengan jelas kegiatan visual yang sedang dipikirkannya 
  7. Kecerdasan Alam Natural)
  8. Kecerdasan natural berkaitan dengan seberapa besar dalam mengenal alam, untuk mengenal kecerdasan alam pada anak antara lain menyukai pelajaran biologi di sekolahnya, suka berkebun dan senang dengan hewan peliharaan, suka berwisata alam dan ke kebun binatang, mencata fenomena alam di buku harian dan mendokumentasikannya, peduli dengan lingkungan sekitar seperti melakukan daur ulang sampah dan sebagainya. 
  9. Kecerdasan Musikal
  10. Anak dengan kecerdasan musikal akan mudah menghafal lirik lagu dan not dengan tangga nadanya, cara menilainya apakah anak anda mudah menangkap pelajaran dengan irringan musik, mempunyai suara yang bagus, menyaynyi untuk diri sendiri dan bisa dinikmati oleh orang lain, peka terhadap berbagai jenis alat musik, bisa membuat irama musik 
  11. Kecerdasan Kinestetik
  12. Kecerdasan kinestetik berhubungan dengan fisik, lentur dalam menggerakkan tubuhnya dan bisa mencapai prestasi dengan memanfaatkan tubuhnya.
    Komunikasi yang efektif melalui gerakan dan dengan bahasa tubuh yang lainnya merupakan bentuk dari berkembangnya kecerdasan kinestetik.
    Tidak mau diam dan selalu ada saja cara untuk bisa lepas dari belenggu diam. 
  13. Kecerdasan Intra Personal (Kecerdasan Diri)
  14. Anak bisa memutuskan apa yang bisa dikembangkan dari dalam dirinya manakah yang potensi dan yang tidak.
    Mantap dengan kekuatan yang ada pada dirinya sendiri dan percaya serta sudah siap dalam mencapai impiannya.
    Kecerdasan ini bisa terlihat pada diri anak sebagai berikut:
    mempunyai kemampuan yang kuat, mempunyai pandangan hidup yang jelas, bisa mengambil pelajaran dari kesalahan, mampu mengekspresikan perasaannya dengan tepat, mempunyai rasa percaya diri, mampu belajar dan bekerja dengan baik, tujuannya terarah dengan baik 
  15. Kecerdasan Sosial
  16. Disebut juga dengan kecerdasan antar pribadi merupakan kemampuan untuk memahami orang lain, mudah bergaul dengan siapa saja.
    Tingkat keramahan yang tinggi dan bisa menempatkan diri pada sekelompok orang yang jumlahnya banyak dengan baik 
  17. Kecerdasan Eksistensi 
  18. Kecerdasan ini berkaitan dengan topik-topik kehidupan pokok, terlihat dari seringnya bertanya tentang hal-hal yang berkenaan tentang keberadaan Tuhan dan keberadaan manusia di bumi ini.
    Selain itu juga ingin mengetahui tentang kejadian-kejadian yang terjadi di alam semesta. 
Demikian deskripsi singkat tentang 9 kecerdasan yang ada pada anak yang dapat kita ketahui kemudian mengembangkannya sesuai dengan kecerdasan apa yang menonjol pada anak.
Back to Top