Aplikasi Mindmap ( Peta Pikiran )

| 12/18/2016 01:56:00 AM |


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan mindmap untuk anak belajar adalah sebagai berikut :
  • Sediakan kertas folio / A4 putih polos dan pensil warna (minimal 3, semakin bervariasi semakin bagus). 

  • Pilih posisi kertas mendatar (landscape), agar tata ruangnya lebih luas dan panjang. 

  • Mintalah anak untuk menentukan pusat pikiran (dan diletakkan ditengah-tengah). Sebaiknya pusat pikiran berupa gambar agar lebih menarik. Pusat pikiran biasanya diambil dari judul bab atau tema pokok dari bab tersebut. Prinsipnya, pusat pikiran adalah sebuah kata (bukan kalimat) yang mewakili isi dari semua materi (gambaran umum) yang hendak dibuat mindmap. 

  • Dari pusat pikiran tersebut, mintalah anak untuk menentukan dan membuat cabang utama (basic ordering ideas) atau BOI basic ordering ideas) atau BOI adalah cabang utama mindmap yang bertugas mengumpulkan informasi yang sejenis atau satu tema. BOI biasanya berupa sub bab dari materi yang dipelajari anak. Dalam membuat cabang, hendaknya pilih yang meliuk (tidak lurus) dengan pangkal tebal lalu menipis di bagian ujungnya. Bentuk cabang yang meliuk (sering diistilahkan dengan organic line) sangat disukai otak kita. Panjang cabang hendaknya disesuaikan dengan luas kertas yang disediakan. 
Dua anak yang membuat mindmap (dengan bahan / materi yang sama) belum tentu akan memberikan hasil (output) yang sama.

Hal ini disebabkan karena setiap anak mempunyai kreativitas yang berbeda dan tentu saja dalam membuat mindmap tersebut anak menggunakan kata, gambar dan bentuk sesuai dengan selera dan kemampuannya sendiri.

Meringkas dengan mindmap jauh akan lebih menyenangkan bagi anak daripada hanya mengarisbawahi kata / kalimat yang dianggap penting.

Disamping itu, meringkas dengan mindmap lebih hemat waktu, lebih tahan lama daya ingatnya dan si anak lebih bisa memahami materi pelajaran.

Mindmap terdiri dari beberapa cabang yang merupakan pancaran pikiran si anak (tentu saja sesuai dengan materi yang diringkasnya).

Contoh Aplikasi Mindmap ( Peta Pikiran )

Perhatikan contoh sederhana mindmap di bawah ini!
Materi yang akan diringkas bertema DAUN :
Daun adalah bagian tumbuhan yang tumbuh pada batang. Umumnya daun berwarna hijau. Daun berguna sebagai tempat pembuatan makanan pada tumbuhan, karena daun mengandung klorofil. Klorofil adalah zat hijau pada daun.proses pembuatan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Selain itu daun juga berfungsi sebagai alat pernafasan pada bagian bawah daun terdapat lubang-lubang pertukaran gas, lubang itu disebut stomata. Bentuk susunan tulang daun bermacam-macam yaitu menyirip, melengkung, menjari dan sejajar. Daun biasanya dapat digunakan sebagai bahan sayuran misalnya bayam, kangkung, daun singkong dll. Sayuran banyak mengandung serat dan sangat baik untuk kesehatan manusia. Daun juga bisa digunakan sebagai lalapan misalnya kubis, daun kemangi dll.
Dari contoh bahan/ materi di atas, maka bisa dibuat mindmap dengan bentuk sederhana.
Perhatikan gambar mindmap dibawah ini :

aplikasi mindmap

 Pembuata mindmap sebaiknya menggunakan tulisan tangan, karena anak akan lebih bebas menggambar apa saja  (sesuai dengan topik materi pelajaran). Selain itu anak juga bebas membuat cabang dengan lekukan sesuai dengan kreativitasnya.

aplikasi peta pikiran

Berdasarkan gambar di atas, maka bisa dijelaskan bahwa mindmap terdiri atas beberapa bagian, yaitu :
Keterangan :
  1. Pusat pikiran (berupa gambar DAUN) 
  2. Cabang (bentuknya bisa bervariasi sesuai dengan selera anak) 
  3. Cabang utama Jumlah cabang tidak ada batasannya karena hal tersebut tergantung pada materi yang dipelajari anak. Jadi mindmap merupakan curahan kreatifitas anak agar anak lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.
Back to Top