Metode Belajar Sesuai Dengan Usia Anak

| 12/24/2016 04:17:00 PM |


metode pengajaran sesuai usia anak

Belajar adalah sebuah proses. Seberapa lama proses yang dibutuhkan seorang anak untuk menjadi bisa atau menjadi tahu tergantung pada tingkat kecerdasan masing-masing anak. 

Anak yang mempunyai kecerdasan tinggi, akan lebih mudah dalam mencerna sebuah materi atau pelajaran yang diterimanya. 

Namun perlu diketahui bahwa belajar yang paling efektif adalah jika melibatkan pengalaman langsung, baik itu pengalaman mendengar, melihat maupun melakukan sesuatu. 

Pada masa lampau, belajar diasosiasikan dengan kegiatan membaca buku dan mengerjakan soal latihan saja. 

Seiring dengan kemajuan jaman, penelitian dan pengamatan, para ahli menyimpulkan bahwa belajar bukan hanya dengan sekedar kegiatan membaca buku atau mencatat saja, kaenan hal ini hanya menekankan pada aspek kognitif saja. 

Di dapat kesimpulan bahwa belajar merupakan proses yang sangat beraneka ragam dan bisa melibatkan semua panca indera manusia. 

Menerapkan Metode Belajar Yang Sesuai Dengan Usia Anak 

Metode belajar berbeda dengan gaya belajar anak, menerapkan metode yang tepat pada anak merupakan hal yang penting untuk mendapatkan kemampuan maksimal anak, karena dengan metode yang tepat pula kecerdasan anak akan berkembang optimal. 

Beberapa metode belajar yang bisa diterapkan pada anak berdasarkan usia adalah sebagai berikut : 
  • Usia 0 – 3 tahun

    Pada anak usia 3 tahun bermain adalah hal yang paling disukainya. Pada anak usia ini metode belajar harus diterapkan dengan cara bermain pula.
    Anak dapat mengikuti kegiatan di sekolah taman bermain. Apapun metodenya yang harus diperhatikan ialah hubungan komunikasi guru dengan anak.
    Ketika mengajar sebaiknya guru tidak mendominasi kegiatan anak. Begitu pula dengan sikap mengajar anda saat anak di rumah. Berikan kesempatan pada anak untuk bermain sesuai dengan yang diinginkannya. 

  • Usia 5 tahun

    Berikan kegiatan yang dapat memberi kesempatan pada anak untuk mengobservasi sesuatu. Sebaiknya anda tidak melulu mencontohkan, lalu anak mengikuti.
    Tapi biarkan anak mencoba-coba, misal anak menggambar bunga dengan warna hijau, kuning atau biru.
    Pendidik dapat memberikan kosakata baru pada anak dan membiarkan mereka merangkai kalimat. 

  • Usia 6 – 12 tahun

    Metode belajar yang diterapkan pada anak usia sekolah tentu sangat berbeda dengan usia batita.
    Perbanyak melatih kemampuan anak bercerita dan mempresentasikan apa yang mereka ketahui.
    Metode belajar ditekankan pada bagaimana anak berpikir kreatif, misalnya ketika menjelaskan suatu hal atau benda.
    Salah satunya dengan metode mind mapping. Anda juga bisa meminta anak untuk menjelaskan kembali kepada anda materi pelajaran yang diterimanya di sekolah. Atau mintalah anak untuk menceritakan kejadian yang menurutnya menarik selama di sekolah.

    Biasanya anak usia ini bisa belajar lebih mandiri daripada usia sebelumnya. Meskipun begitu anda harus memastikan bahwa anak anda tidak dalam kondisi tertekan dengan materi yang diajarkannya di sekolah.
Back to Top