Teknik mencatat dengan tepat dan bermanfaat

| 2/05/2017 01:50:00 AM |


Mencatat merupakan bagian dari aktivitas siswa yang tak terpisahkan.
Dengan mencatat, berarti si anak mempunyai dokumentasi tentang beberapa informasi penting dari materi pelajaran yang diterimanya yang nantinya catatan-catatan tersebut akan menjadi media anak agar lebih memahami apa yang sedang dipelajari.

Tahukah anda bahwa kebanyakan anak sekarang ini hanya menggunakan system kerja otak kiri saja ?

artinya, si anak hanya mencatat apa yang didengar dan dibacanya. Metode seperti ini dikenal dengan system note-taking, yaitu teknik mencatat pasif, tanpa ada selektif dalam memilih informasi penting ( tidak menitikberatkan pada suatu ide utama) dan biasanya hanya mementingkan hasil catatannya.

Padahal yang terpenting dalam membuat catatan bukanlah hasilnya, melainkan prosesnya. Teknik ini mempunyai banyak kelemahan diantaranya :
  • Anak mudah lupa, karena hanya menggunakan otak kiri saja sehingga daya konseptual anak berkurang, sehingga sulit memahami pelajaran. 

  • Anak menjadi cepat bosan dan format catatannya pun sangat monoton, sehingga menyebabkan anak malas mempelajarinya lagi.
Mencatat dengan tepat dan bermanfaat agar menjadi efektif dan efisien, maka harus melibatkan kerja sama antara otak kanan dan otak kiri.

Hal yang dimaksud dikenal dengan teknik membuat catatan (note-making).
Dalam teknik mencatat dengan tepat dan bermanfaat ini, anak dibebaskan untuk menggunakan pancaran pikirannya sendiri, sehingga si anak lebih dapat memahami dan mengingat apa yang dicatatnya.

Langkah membuat Note-Making 

  1. Membagi buku catatan anak menjadi 2 bagian (dengan perbandingan lebar 2/3 bagian di sebelah kiri dan 1/3 bagian di sebelah kanan) 

  2. Bagian kiri : berisi catatan-catatan biasa yang ditulis/dirangkum/didiktekan guru atau tulisan-tulisan yang perlu disalin atau dimasukkan dalam catatan (Note-Taking/Teknik mengambil catatan).
    Bagian kanan : kegiatan membuat catatan (note-making), terdiri atas kata kunci / ide utama, catatan / kata-kata sendiri si anak, gambar sesuai dengan keinginan anak, elaborasi (tanda-tanda buatan sendiri) dan Radiant Thinking (bertujuan agar si anak lebih berkonsentrasi).
Radiant Thinking bisa berupa pengalaman pribadi atau emosi yang timbul berhubungan dengan topic yang anak catat.
Perhatikan contoh sederhana mencatat efektif di bawah ini :

Daun adalah bagian tumbuhan yang tumbuh pada batang. Umumnya daun berwarna hijau.

Daun berguna sebagai tempat pembuatan makanan pada tumbuhan, karena daun mengandung klorofil.

Klorofil adalah zat hijau pada daun.
Proses pembuatan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis.

Selain itu daun juga berfungsi sebagai alat pernafasan. Pada bagian bawah terdapat lubang–lubang pertukaran gas. Lubang itu disebut sebagai stomata.

Bentuk susunan tulang daun bermacam-macam, yaitu menyirip , melengkung, menjari dan sejajar.

Daun dapat juga digunakan sebagai bahan sayuran, misalnya bayam, kangkung, daun singkong dll.

Sayuran banyak mengandung serat dan sangat baik untuk kesehatan manusia. Daun juga bisa digunakan sebagai lalapan, misalnya kubis, daun kemangi dll.
Kata kunci ;
• Berwarna hijau
• Klorofil
• Fotosintesis
• Alat pernafasan
• Stomata
• Menyirip, melengkung, menjari, sejajar
mencatat dengan tepat
daun memiliki beberapa fungsi dan bentuk.



klorofil, fotosintesis, stomata

note making
daun yang berwarna merah mengandung klorofil?


Hijau daun adalah grup band baru di Indonesia yang disukai banyak anak muda. Single hitsnya Suara (ku berharap)

Berdasarkan contoh di atas maka :
  1. Kolom sebelah kiri (warna hijau) adalah proses mengambil catatan (note taking)dimana catatan tersebut tidak lebih hanya sekedar mendokumentasikan apa-apa yang didengar, dibacakan guru atau rangkuman dari buku. 

  2. Kolom sebelah kanan (warna oranye) adalah note makingnya. 

  3. Dalam membuat symbol-symbol (yang merupakan teknik elaborasi) sebaiknya tergantung selera anak, tidak harus seperti yang dicontohkan. Boleh juga dengan symbol-simbol lain yang lebih bisa dimengerti anak.
    Keterangan symbol-symbol yang penulis gunakan di atas bermakna :
    Simbol
    note makingberarti masih ragu-ragu atau perlu ditanyakan ke guru.



    Simbol
    berarti kemungkinan besar akan keluar di ujian / ulangan sekolah.



    Sedangkan symbol
    mencatat dengan tepatberarti kesimpulan 


Teknik elaborasi ini dapat membantu anak menjadi pro aktif dalam proses belajar, baik di kelas maupun di rumah.
Sedangkan kalimat

Hijau daun adalah grup band baru di Indonesia yang disukai banyak anak muda. Single hitsnya Suara (ku berharap)

adalah merupakan Radiant Thinking (RT), yaitu suatu proses mencari idea atau asosiasi baru berdasarkan suatu pusat pikiran.

Radiant Thinking dapat membantu anak agar lebih fokus dan konsentrasi atas catatannya.
Kalimat yang dipilih terserah anak . prinsipnya,

Radiannt Thinking merupakan kalimat yang berkaitan (antara apa yang dicatat anak saat itu dengan kejadian lain yang dapat dikaitkan dengan hal tersebut). Alam contoh di atas, persamaan kata yang berkaitan adalah ‘DAUN’.
Back to Top