Puzzle Balok Geometri

| 3/07/2018 06:32:00 PM | ,
Puzzle Balok Geometri
Nama Produk : Puzzle Balok Geometri
Kode Produk : PGK 57
Gender : Anak-anak
Ukuran : 20 x 30 cm
Harga : Rp.30.000

Deskripsi Puzzle Balok Geometri


Studi yang dilakukan University of Chicago menemukan anak-anak usia 2 hingga 4 tahun yang rutin bermain puzzle mengembangkan keterampilan spasial yang lebih baik. Nah, menurut psikolog perkembangan Howard Gardner, keterampilan spasial merupakan salah satu bentuk kecerdasan.

Ini merupakan kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual (gambar) dan spasial (ruang dan tempat) dengan cermat. Kesadaran akan warna, garis, bentuk, maupun ukuran yang menjadi kesinambungan elemen terlibat dalam kecerdasan spasial.

"Anak-anak yang bermain puzzle memiliki kemampuan yang lebih baik terkait tugas yang berhubungan dengan kemampuan memutar dan menerjemahkan bentuk," ujar psikolog Susan Levine. Susan merupakan pakar di bidang perkembangan matematika pada anak. Demikian dikutip dari situs University of Chicago.

Puzzle balok geometri sederhana yang diberikan pada anak sejak dini namun sesuai usia, bisa memberikan dasar perkembangan keterampilan spasial.

Ukuran papan puzzle balok geometri 20 x 30 cm
Cocok untuk usia anak 2 - 5 tahun.
Dibuat menggunakan bahan kayu dan cat yang aman untuk anak-anak.


Manfaat Puzzle Balok Geometri :

  • Mengembangkan Koordinasi Mata dan Tangan.
    Puzzle bagi anak hadir dengan bermacam bentuk, warna dan juga gambar. Hal ini dibuat untuk membantu anak meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata mereka. Anak akan dilatih untuk meletakkan potongan puzzle dengan bentuk yang berbeda pada tempat yang tepat. Cara ini dapat membuat anak belajar melibatkan gerakan dan konsentrasi serta mengenali apa yang terlihat pada waktu bersamaan.
  • Melatih Memecahkan Masalah.
    Salah satu manfaat utama dari permainan puzzle adalah meningkatkan kemampuan anak untuk memecahkan masalah. Permainan ini membantu anak untuk berpikir secara berbeda agar dapat menyelesaikan potongan demi potongan puzzle. Hal ini juga akan membuat anak lebih tertarik untuk belajar di sekolah.
  • Pengembangan Keterampilan Kognitif.
    Ketika bermain puzzle, anak akan mengenal bentuk dan ukuran serta warna berbeda pada objek. Hal ini akan membantu anak belajar untuk meletakkan segala sesuatu secara bersamaan dan harmonis, yang secara otomatis membuat keterampilan kognitif anak terlatih. Permainan ini juga akan membantu anak dengan dasar-dasar yang diperlukan untuk sekolah dan kehidupannya nanti, termasuk alfabet, berhitung dan mengenal nama-nama objek. 
  • Pengembangan Keterampilan Motorik.
    Dua anak yang bermain bersama-sama tentunya butuh diskusi untuk merancang kepingan-kepingan gambar dari puzzle tersebut. Anak yang lebih besar akan merasa senang jika dapat membantu anak yang lebih kecil, sebaliknya pun begitu, sehingga akan tercipta suasana yang nyaman dan terciptanya interaksi ketika bermain.
  • Melatih Daya Ingat.
    Bermain puzzle akan melatih daya ingat anak tentang bentuk dan warna puzzle yang yang akan disusun. Anak akan mengingat gambar yang dilihat sebelum menyusunnya. 
  • Melatih Kesabaran.
    Dengan bermain puzzle anak bisa belajar melatih kesabarannya dalam menyelesaikan suatu tantangan. 
  • Melatih Nalar.
    Puzzle dalam bentuk manusia akan melatih nalar mereka. Anak akan menyimpulkan di mana letak kepala, tangan, kaki dan lain-lain sesuai dengan logika. Jika sudah menaruh bagian hidung berarti mulut ada di bagian bawahnya.
 

Cara Bermain Puzzle Balok Geometri :

  1. Lepaskan kepingan puzzle dari papannya. 
  2. Kemudian Anda acak dan mintalah anak memasangnya kembali.
  3. Tantanglah anak untuk melakukannya lebih cepat dan lebih cepat lagi. 
  4. Bila perlu gunakan stopwatch.
Bunda tertarik untuk memesannya, silahkan menuju ke halaman cara pemesanan ini.
Back to Top